Thursday, September 19, 2019

Jangan Asal Dilakukan, Inilah Cara Membersihkan Telinga yang Aman dan Benar

Telinga termasuk dalam salah satu indera penting bagi manusia yang fungsinya adalah untuk mendengarkan suara, sehingga jika seandainya terjadi masalah pada indera tersebut maka akan mempengaruhi kemampuan dalam mendengarkan, akibatnya seseorang tersebut menjadi tuna rungu, sehingga arus dijaga dengan baik, karena tidak ada yang bisa menggantikan kemampuannya. Menjaga kesehatan telinga sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan, diantaranya adalah dengan rutin membersihkan telinga. Cara membersihkan telinga juga harus benar.


Faktanya memang kotoran telinga diproduksi secara normal dari cairan yang dikeluarkan oleh koklea, hanya saja setiap orang berbeda-beda, ada yang produksinya memang banyak, namun ada juga yang sedikit, sehingga rutinitas dalam membersihkan telinga ini juga berbeda-beda. Hanya saja dalam membersihkan kotoran ini juga tidak boleh sembarangan, karena nyatanya ada banyak sekali kasus dimana gendang telinga sampai mengalami kerobekan disebabkan oleh cara pembersihan yang tidak hati-hati, sehingga menyebabkan ketulian.

Sarana yang digunakan untuk membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan, harus yang benar-benar aman dan dianjurkan oleh dokter. Berikut ini diantaranya cara membersihkan telinga yang benar yang bisa Anda terapkan, yaitu:
  1. Jangan menggunakan ear candle, ini adalah produk pembersih telinga yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini, yaitu lilin telinga yang nantinya akan dimasukkan kedalam lubang telinga untuk mengeluarkan kotorannya, bukannya membersihkan justru hal tersebut sebenarnya beresiko untuk melukai telinga bahkan menyebabkan tersumbatnya saluran tersebut.
  2. Pakailah obat tetes telinga, banyak dijual di apotek, fungsi dari obat tetes ini adalah dipakai untuk mengencerkan kotoran telinga, sehingga nantinya akan keluar dengan sendirinya tanpa harus di korek. Caranya cukup dengan meneteskan obat tersebut, kemudian tunggu sampai beberapa hari hingga kotoran telinga encer dan keluar.
  3. Setelah 2 atau 3 hari pemakaian dari obat tetes telinga, maka bisa dibantu dengan cara meneteskan sedikit air hangat kedalam lubang telinga tersebut. Hal ini berfungsi untuk membantu dalam mengencerkan atau mengeluarkan kotoran telinga tersebut, setelah itu coba miringkan telinga hingga nantinya kotoran keluar dengan sendirinya, lap pelan-pelan dengan menggunakan handuk.
  4. Agar kotoran telinga benar-benar keluar dengan sempurna atau sampai bersih, maka langkah tersebut tidak cukup dilakukan sekali, melainkan harus dilakukan berulang kali. Namun tetap harus dilakukan secara hati-hati, karena nyatanya metode tersebut juga memiliki resiko, seperti kotoran telinga justru akan masuk lebih dalam dan sulit dikeluarkan.
  5. Bersihkan telinga ke dokter spesialis THT, ini adalah langkah yang paling aman jika seandainya Anda ingin membersihkan kotoran telinga, yaitu datang secara langsung ke dokter spesialis THT, mereka akan melakukan prosedur pembersihan yang pastinya aman dan sangat cepat tanpa rasa sakit. Hasilnya jauh lebih aman dan juga efektif, namun tentunya ada biaya yang siap untuk dikeluarkan. Tak jarang juga metode pembersihan telinga dilakukan dengan memakai obat-obatan tertentu yang diresepkan oleh dokter jika seandainya kotoran telinga menumpuk terlalu cepat.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga yang aman yang bisa Anda coba. Ingat bahwa setiap indera Anda bekerja secara satu kesatuan, sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya, termasuk juga telinga. Karena terkadang ketika salah satu bagian telinga saja yang bermasalah sudah sangat menganggu kemampuan dalam mendengarkan, apalagi jika seandainya keduanya yang bermasalah atau bahkan rusak. Pendengaran akan mulai menurun normal seiring dengan bertambahnya usia.
Disqus Comments